Penguatan Pembelajaran Blended Berbasis OneNote Classroom di SMPI Al Azhar 36 Bandung

Penguatan Pembelajaran Blended Berbasis OneNote Classroom di SMPI Al Azhar 36 Bandung

Penguatan Pembelajaran Blended Berbasis OneNote Classroom di SMPI Al Azhar 36 Bandung

Penyerahan secara simbolis perangkat pengabdian masyarakat (1).

Pada tahun ajaran baru 2021/2022, SMPI Al Azhar 36 Bandung akan melaksanakan pertemuan tatap muka (PTM) terbatas dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) empat Menteri, satuan penyelenggara Pendidikan harus menyediakan fasilitas protokol kesehatan dan fasilitas pendidikan jarak jauh (PJJ). Dalam upaya ikut berpartisipasi menyediakan fasilitas PJJ untuk mendukung pembelajaran secara blended, maka tim pengabdi Telkom University ikut berpartisipasi dalam penyediaan fasilitas tersebut. 

Ruang kelas akan didesain untuk mendukung pembelajaran secara live streaming. Pemasangan perangkat dan jaringan yang mendukung live streaming dilakukan. Implementasi OneNote Classroom akan mempermudah guru dan siswa dalam melakukan pembelajaran. Selain itu akan dibuat modul dan video tutorial OneNote classroom serta workshop penggunaan platform OneNote bagi guru dan siswa.

Penyerahan secara simbolis perangkat pengabdian masyarakat (2).

SMPI Al-Azhar 36 Bandung berpotensi sebagai masyarakat sasar dalam program pengabdian masyarakat Telkom University karena perubahan kebijakan pemerintah dalam mensikapi kejadian luar biasa di masa pandemik COVID-19 ini membuat satuan penyelenggara Pendidikan harus siap menyediakan fasilitas pembelajaran yang memenuhi standar. SMPI Al Azhar 36 Bandung tidak siap dengan perubahan yang begitu cepat, sehingga Telkom University turut membantu menyediakan fasilitas baik untuk protokol kesehatan maupun fasilitas PJJ. Selain itu, sekolah ini berlokasi di Kota Bandung sehingga pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat dan pengontrolan setelah kegiatan mudah dilakukan. 

Pada pengabdian tahun ke-1, pengabdian masyarakat kami berfokus pada permasalahan penyediaan fasilitas sanitasi untuk protokol Kesehatan meliputi: wastafel portable berbasis IoT, sabun sensor otomatis, implementasi thermometer wall terdistribusi dan aplikasi monitoring suhu, serta video SOP PTM terbatas.

Pada pengabdian tahun ke-2 ini, tim pengabdian masyarakat kami berfokus pada penyediaan fasilitas PJJ yang meliputi implementasi jaringan live streaming di ruang kelas, implementasi OneNote Classroom, pembuatan modul dan video tutorial OneNote Classroom, serta pelatihan penggunaannya.

Tutorial penggunaan pen tablet (XP Pen) dan OneNote.

Untuk mendukung program pemerintah dalam rangka menyediakan fasilitas PJJ di SMPI Al Azhar 36 Bandung, maka solusi yang kami ditawarkan adalah implementasi ruang kelas yang mendukung live streaming. Kelas dilengkapi dengan perangkat dan jaringan live streaming. Guru dan siswa menggunakan platform OneNote Classroom untuk mendukung pembelajaran secara blended. Modul dan video tutorial penggunaan OneNote Classroom dibuat sehingga mempermudah civitas akademika sekolah untuk belajar secara mandiri. Workshop telah diberikan kepada guru dan siswa dalam penggunaan ruang kelas serta penggunaan OneNote.

Dalam pengabdian masyarakat ini, kami memberikan pengetahuan tentang instalasi perangkat dan jaringan live streaming, trouble shouting dan pemeliharaan perangkat dan jaringan. Kami juga mentransfer pengetahuan tentang penggunaan OneNote Classroom sebagai platform pembelajaran yang menarik dan terstruktur untuk mendukung PJJ bagi guru dan siswa. Selain itu, transfer informasi penggunaan OneNote juga dibuat melalui modul maupun video tutorial penggunaan OneNote Classroom. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan peserta dari perwakilan Universitas Telkom dan SMPI Al-Azhar 36 Bandung, yang dilaksanakan pada Kamis, 11 November 2021.

Penggunaan alat (XP Pen) dan OneNote oleh guru dari SMPI Al-Azhar 36 dengan bantuan mahasiswa Telkom University.

SMPI Al-Azhar 36 Bandung turut berpartisipasi dalam mendukung program pengabdian masyarakat Penguatan Pembelajaran Blended Berbasis OneNote Classroom. Dukungan tersebut antara lain: sekolah sudah memiliki jaringan internet, guru dan siswa yang siap untuk mengikuti pelatihan, dan staff IT yang akan membantu instalasi perangkat live streaming. Kontribusi dari pihak sekolah sangat dibutuhkan karena program pengabdian masyarakat akan berjalan jika mendapat dukungan penuh, khususnya dari para guru, siswa, dan staff IT di SMPI Al-Azhar 36 Bandung.

Kegiatan pengabdian masyarakat juga memerlukan konsistensi dan keaktifan para guru dan siswa dalam menggunakan OneNote Classroom sebagai platform yang akan mendukung PJJ. Guru dan siswa yang sudah memperoleh workshop tutorial harus mentransfer ilmunya kepada guru dan siswa yang lain. Distribusi modul penggunaan OneNote Classroom dilakukan secara mandiri oleh pihak sekolah. Publikasi video tutorial penggunaan OneNote Classroom dilakukan melalui media sosial sekolah, antara lain: Instagram sekolah dan OSIS sekolah, facebook, maupun WhatsApp Group. Selain itu, staff IT juga harus melakukan pengecekan dan pemeliharan secara berkala pada perangkat live streaming.

Dokumentasi luaran hasil kegiatan pengabdian masyarakat ini telah diunggah di Youtube pada laman

Oleh:

Ketua Tim 1/Koordinator Fakultas:   Dr. Indrarini Dyah Irawati 

   Tim 1, Anggota 1:                 Dadan Nur Ramadan, M.T.

   Tim 1, Anggota 2:                 Tita Haryanti, M.T.

   Tim 1, Mahasiswa 1:             Annisa Fitria

   Tim 1, Mahasiswa 2:             Andre Fajar Sumarna

   Tim 1, Mahasiswa 3:             Fazrian Dzikri Fajduani

Ketua Tim 2:                            Suci Aulia, M.T. 

   Tim 2, Anggota 1:                 Sugondo Hadiyoso, M.T.

   Tim 2, Mahasiswa 1:             Putri Dinda Adriani

   Tim 2, Mahasiswa 2:             Agung Hardianto

   Tim 2, Mahasiswa 3:             Gio Valeri Dwi Putra

Ketua Tim 3:                            Dr. Yudha Purwanto

   Tim 3, Anggota 1:                 M. Faris Ruriawan, M.T.

   Tim 3, Anggota 2:                 Fairuz Azmi, M.T.

   Tim 3, Mahasiswa 1:             Aulia Rahman

   Tim 3, Mahasiswa 2:             Sara Lutami Pardede

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *