Pembuatan dan Implementasi Sistem Informasi Yayasan Nurul Inayah Kota Bandung-Jawa Barat

Pembuatan dan Implementasi Sistem Informasi Yayasan Nurul Inayah Kota Bandung-Jawa Barat

Pembuatan dan Implementasi Sistem Informasi Yayasan Nurul Inayah Kota Bandung-Jawa Barat

Kemajuan teknologi saat ini terbukti membantu kehidupan manusia di segala bidang. Tidak terkecuali dalam pengelolaan suatau organisasi atau yayasan sudah saatnya memanfaatkan teknologi untuk transparansi, kemutakhiran data dan kemudahan pengelolaan. Oleh karena itu pada kegiatan ini kami bermaksud untuk membangun sistem informasi bagi Yayasan Nurul Inayah dan juga mengedukasi masyarakat dalam memahami pentingnya penggunaan sistem informasi.

Yayasan Nurul Inayah adalah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan, sosial dan keagamaan. Saat ini yayasan Nurul Inayah sudah memiliki beberapa program yang sudah berjalan diantaranya adalah lembaga pendidikan Taman Kanak-kanak (TK) Nurul Inayah, Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), Majlis Ta’lim dan Gerakan Magrib Mengaji (GMM). Proses tata kelola dan dokumentasi serta pemasaran sekolah yang berjalan saat ini masih banyak dilakukan secara manual dan belum memanfaatkan teknologi yang ada. Saat ini yayasan belum memiliki sistem informasi yang dapat digunakan ketika membuka penerimaan siswa baru di TK Nurul Inayah atau mendokumentasikan kegiatan lain seperti MDTA, Majlis Talim dan GMM.

Berdasarkan pada kendala-kendala di atas, maka pada kegiatan pengabdian masyarakat ini kami mengusulkan perancangan sistem informasi bagi Yayasan Nurul Inayah. Diharapkan dengan adanya aplikasi tersebut dapat membantu pengelola dalam memperkenalkan program-program yang sedang berjalan terutama ketika penerimaan siswa baru TK Nurul inayah.

Pembuatan website dimulai dari bulan agustus sampai november 2021. Web Yayasan mulai diperkenalkan pada kegiatan Abdimas tanggal 23 November 2021 di TK Nurul Inayah. Setelah kegiaitan ini diharapkan petugas yang ditunjuk mampu mengoperasikan web dan menjamin berita berita yang ditampilkan selalu up to date.

Tujuan akhir dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini pembangunan sistem dan media informasi yang didukung oleh digitalisasi sarana dan prasarana. Hal ini dilakukan sebagai wujud kepedulian para dosen D3 Teknik Telekomunikasi Telkom University dalam membantu pengelolaan kegiatan d bidang pendidikan, sosial kemanusiaan, keagamaan, maupun bidang usaha.

Ketua: Rohmat Tulloh, S.T., M.T

Anggota 1: Dwi Andi Nurmantris, S.T., M.T

Anggota 2: Ridha Muldina Negara, S.T., M.T

Anggota mahasiswa:

1. Andre Aprima Mulky

2. Mohamad Nur Firdaus

3. M. Nabil Al-Furqan  

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *