PELATIHAN PENGENALAN JARINGAN NIRKABEL DAN PENGOPERASIAN ROUTER SERTA ACCESS POINT BAGI SMK BINA PUTRA BANDUNG

PELATIHAN PENGENALAN JARINGAN NIRKABEL DAN PENGOPERASIAN ROUTER SERTA ACCESS POINT BAGI SMK BINA PUTRA BANDUNG

PELATIHAN PENGENALAN JARINGAN NIRKABEL DAN PENGOPERASIAN ROUTER SERTA ACCESS POINT BAGI SMK BINA PUTRA BANDUNG

Pembentukan tenaga kerja terampil dan berkualitas tidak terlepas dari kualitas pendidikan. Salah satu faktor yang menentukan kualitas pendidikan di sebuah negara adalah kualitas kurikulum yang berorientasi pada konsep pendidikan link and match, yakni konsep keterkaitan dan kesepadanan antara dunia pendidikan dan dunia kerja. Langkah strategis yang dilakukan oleh pemerintah dalam mempersiapkan SDM yang berkualitas tidak hanya pada level perguruan tinggi saja, tetapi juga pada level menegah atas salah satunya SMK. Berbicara mengenai jaringan komputer kini tidak hanya terpaku kepada jaringan berbasis kabel saja, melainkan juga sudah meliputi jaringan komputer yang lebih kompleks. Salah satunya pengembangan jaringan komputer adalah dengan meminimalisir penggunaan kabel dengan media penghantar sebuah gelombang elektromagnetik atau yang dikenal dengan jaringan berbasis nirkabel atau wireless.

Permasalahannya adalah hingga saat ini SMK Bina Putra yang dalam kurikulumnya terdapat mata pelajaran tentang jaringan komputer akan tetapi tidak secara khusus mendalami dan alat yang mendukung dalam siswa menguasai lebih jauh dalam meningkatkan kompetensi. Oleh karena itu kami mengusulkan untuk menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebagai wujud kepedulian para dosen D3 Teknologi Telekomunikasi Universitas Telkom dalam membantu pengembangan media ajar bagi guru dan siswa guna peningkatan sumber daya manusia khusus dilingkungan SMK Bina Putra sendiri. Pelatihan dilaksanakan secara onsite pada tanggal 18 November 2021 di SMK Bina Putra Bandung.

Peserta pelatihan merupakan guru SMK Bina Putra khususnya guru kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, dengan harapan nanti dapat diteruskan ke siswa-siswi SMK Bina Putra. Materi yang diberikan meliputi pengenalan jaringan nirkabel dan cara mensimulasikan suatu jaringan dengan memanfaatkan software Packet Tracer. Selain memberikan pelatihan tentang topik terkait, pihak D3 Teknologi Telekomunikasi juga memperkenalkan tentang sertifikasi kompetensi yang dapat diambil oleh guru dan atau siswa untuk menambah wawasan, pengalaman, dan juga jaringan sosial yang tentunya bermanfaat untuk kemudian hari.

Video kegiatan dapat diakses pada link berikut: https://bit.ly/videoPkM2021-2

Anggota:

  • Atik Novianti
  • Muhammad Iqbal
  • Asep Mulyana

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *