PELATIHAN EDITING GAMBAR DAN VIDEO SEBAGAI UPAYA PENGUATAN SKILLS PARA KONTEN KREATOR PEMULA DIMASA PANDEMIK DI SMK BINA PUTRA BANDUNG

PELATIHAN EDITING GAMBAR DAN VIDEO SEBAGAI UPAYA PENGUATAN SKILLS PARA KONTEN KREATOR PEMULA DIMASA PANDEMIK DI SMK BINA PUTRA BANDUNG

PELATIHAN EDITING GAMBAR DAN VIDEO SEBAGAI UPAYA PENGUATAN SKILLS PARA KONTEN KREATOR PEMULA DIMASA PANDEMIK DI SMK BINA PUTRA BANDUNG

Pandemik Covid 19 telah berlangsung lebih dari 2 tahun di Indonesia, meskipun telah ada tanda tanda penurunan kasus, kita tetap harus selalu waspada, terutama akan datangnya gelombang ke 3. Banyak pihak merasakan dampak pandemik ini, baik secara langsung maupun tidak langsung, baik secara social, Kesehatan, maupun ekonomi. Kebijakan pemerintah yang bertujuan untuk meredam lonjakan kasus paparan virus corona ternyata juga sangat berdampak terhadap masyarakat secara langsung.

Salah satu dampak yang sangat terasa adalah dalam dunia Pendidikan. Pandemic ini memang memaksa dunia Pendidikan berubah dari system Pendidikan tatap muka menjadi system Pendidikan online (daring), sebagai konsekuensi dan upaya mencegah penularan virus di cluster sekolah, tetapi dampak lain yang tak kalah hebat adalah, pertama : menurunnya kemampuan orangtua murid dalam memenuhi biaya Pendidikan bagi putra putrinya , kedua : sulitnya mencari pekerjaan bagi para lulusan dunia Pendidikan.

penyerahan plakat kenang kenangan

Kondisi permasalahan diatas menuntut para peserta didik untuk lebih kreatif mengembangkan potensi dirinya, untuk membantu keuangan keluarga, bahkan untuk menghidupi kebutuhan pribadinya baik dalam masa pembelajaran atau Ketika mereka telah lulus dari sekolah. Salah satu sektor/bidang yang cukup menjanjikan bahkan Ketika pandemic ini, adalah menjadi seorang konten kreator. Bidang ini bisa digarap dengan peluang yang sangat baik oleh semua kalangan termasuk para murid/siswa. Untuk membantu para Konten Kreator pemula (murid), maka pada hari Kamis, 18 November 2021, dalam program pengabdian masyarakat dengan judul “ Pelatihan Editing Photo dan Video sebagai Upaya Penguatan Skills Para Konten Kreator Pemula Dimasa Pandemik di SMK Bina Putra Bandung, kami memberikan pelatihan kepada 21 Siswa terpilih di SMK Bina Putra, Cihampelas tentang editing gambar dengan menggunakan Ms. Power Point dan editing video menggunakan video editor windows 10. adapun target dari proses editing gambar dan video ini adalah untuk konten social media seperti facebook, youtube, instagram, atau Whatshap.

suasana pelatihan di dalam ruang kelas

adapun lokasi penyelenggaraan pengabdian masyarakat kali ini adalah di SMK Bina Putra yang merupakan sekolah menengah kejuruan Swasta yang berada di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Berlokasi di Jalan Raya Citapen KM. 13,5 Gunungdukuh, Kelurahan citapen, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat. SMK Bina Putra memiliki 4 (empat) bidang Kompetensi  Keahlian, yaitu : Rekayasa Perangkat Lunak, Bisnis Daring dan Pemasaran, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, serta Teknik Elektronika Industri. Peserta pelatihan diambil dari berbagai program Keahlian.

Kegiatan ini disambut dengan antusias yang tinggi dari para siswa. para siswa berharap pelatihan pelatihan semacam ini sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk menambah ilmu dan wawasan bagi para siswa. Kami berharap kegiatan yang sudah dilaksanakan bisa memberikan sedikit bekal yang bermanfaat bagi para siswa.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *