PELATIHAN PEMILAHAN SAMPAH DAN PENGOLAHAN SAMPAH SECARA TERINTEGRASI UNTUK MASYARAKAT SUKAPURA KABUPATEN BANDUNG

PELATIHAN PEMILAHAN SAMPAH DAN PENGOLAHAN SAMPAH SECARA TERINTEGRASI UNTUK MASYARAKAT SUKAPURA KABUPATEN BANDUNG

PELATIHAN PEMILAHAN SAMPAH DAN PENGOLAHAN SAMPAH SECARA TERINTEGRASI UNTUK MASYARAKAT SUKAPURA KABUPATEN BANDUNG

Warga masyarakat Desa Sukapura Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung merupakan warga masyarakat yang terletak sangat dekat dengan kampus Universitas Telkom, dan kebanyakan warga Sukapura mempunyai usaha kos-kosan yang setiap hari pasti menghasilkan sampah baik organik maupun anorganik. Sampah ini kalau tidak dikelola dengan baik akan menjadi masalah yang sangat serius, mulai dari gangguan pencemaran lingkungan, kesehatan masyarakat, dan lain-lain.

Kegiatan Pengabdian Masyarakat (abdimas) ini salah satunya untuk memberikan pengetahuan terkait bagaimana cara pengolahan sampah yang baik. Kegiatan abdimas ini berupa pelatihan Pemilahan sampah dan pengolahan sampah secara teintegrasi untuk Masyarakat Sukapura Dayeuhkolot ini. Pelatihan yang akan diberikan adalah pelatihan bagaimana cara melakukan pemilahan sampah, proses pengolahan sampah secara terpadu melalui metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan workshop.

Kagiatan abdimas ini merupakan gabungan dari 3 Fakultas yaitu Fakultas Komunikasi Bisnis (FKB), Fakultas Ekonomi Bisnis (FEB), Fakultas Ilmu Terapan (FIT), dan Direktorat Logistik dan Aset Telkom University. Abdimas ini beranggotakan Taufan Umbara, S.T., M.M (FKB) sebgai Ketua Pelaksana, Dr. Ir. Rina Djunita Pasaribu (FEB), dan Aris Hartaman, ST., MT (FIT).

Tujuan diadakannya kegiatan Pengabdian pada Masyarakat di lingkungan masyarakat Desa Sukapura Dayeukolot ini adalah:

  1. Memperkenalkan pengetahuan tentang bagaimana melakukan pemilahan sampah yang benar
  2. Memperkenalkan pengetahuan tentang proses pengolahan sampah
  3. Meningkatkan kerjasama antar institusi antara Universitas Telkom dengan Warga Masyarakat sekitar kampus (Desa Sukapura)

Desa Sukapura Kecamatan Dayeuhkolot Bandung ini terletak sangat berdekatan dengan kampus Universitas Telkom. Kondisi permukiman terbilang sangat padat dikarenakan lokasi setiap rumah yang sangat berhimpitan dan hampir tidak ada celah antar rumah. Kondisi produksi sampahpun menjadi sesuatu yang membutuhkan perhatian khusus.

Solusi yang ditawarkan kepada masyarakat sasar adalah melalui PELATIHAN PEMILAHAN SAMPAH DAN PENGOLAHAN SAMPAH SECARA TERINTEGRASI dengan tujuan agar masyarakat mempunyai kepedulian terhadap sampah, dan untuk meningkatkan keterampilan warga masyarakat dalam proses pemilahan sampah dan pemrosesan sampah. Selain itu, juga akan diberikan pelatihan mengenai potensi ekonomis yang dihasilkan dari sampah.

Adapun luaran dari pengabdian masyarakat ini adalah :

  1. Modul Pelatihan Pemilhan dan pengolahan sampah secara terpadu
  2. Perangkat pengolahan sampah

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *