PELATIHAN VLC (VISIBLE LIGHT COMMUNICATION) BERBASIS ARDUINO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA/I DAN GURU SMK UNGGULAN TERPADU PGII BANDUNG

PELATIHAN VLC (VISIBLE LIGHT COMMUNICATION) BERBASIS ARDUINO UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA/I DAN GURU SMK UNGGULAN TERPADU PGII BANDUNG

Teknologi jaringan nirkabel yang mudah tersambung dengan jaringan dimanapun pengguna berada menjadi teknologi sangat dibutuhkan dan sangat berkembang pesat saat ini. Aplikasi teknologi nirkabel tidak lagi terbatas pada komunikasi data, dimana pengirim dan penerima bertukar informasi dalam jarak yang jauh. Namun sudah mulai merambah ke teknologi Visible Light Communication (VLC) merupakan salah satu teknologi komunikasi nirkabel yang menggunakan cahaya tampak untuk memodulasi informasi. Visible Light Communication (VLC) adalah nama yang diberikan pada optik nirkabel. Sistem komunikasi yang membawa informasi dengan modulasi cahaya pada spektrum yang terlihat (375-780 nm) yang pada prinsipnya digunakan untuk penerangan.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat untuk Prodi D3 Teknologi Telekomunikasi kali ini mengambil tema tentang Pengenalan Teknologi VLC berbasis Arduino untuk mendukung aplikasi IoT. Sementara masyarakat sasar yang menjadi objek pelatihan adalah Gur-guru dan Siswa SMK Unggulan PGII Bandung. Tim pelaksana kegiatan abdimas ini terdiri dari 2 dosen Prodi D3 Teknologi Telekomunikasi yaitu : Aris Hartaman, ST., MT sebagai ketua pelaksana, Denny Darlis, S.Si., MT sebagai anggota, dan 1 orang dosen prodi S1 Teknik Elektro yaitu Dr. Rizki Ardianto Priramadhi sebagai anggota. Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini juga dibantu oleh 3 orang mahasiswa dari Prodi D3 Teknologi Telekomunikasi yaitu FIONA OKKI RAHMALISTY, ILHAM KURNIAWAN, dan ELVINA HASRIYA PUTRI.

SMK Unggulan PGII Bandung adalah salah satu lembaga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang menyelenggarakan berbagai bidang keahlian, salah satunya ialah Bidang Keahlian Teknik Jaringan Akses dan Multimedia. Sesuai dengan Bidang Keahlian masing-masing, materi yang diberikan lebih menitik beratkan pada bidang keahliannya. Pada pendidikan formal di sekolah telah diajarkan baik teori maupun praktik, tetapi pelatihan di luar sekolah sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keahlian siswa.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat tentang Pengenalan Teknologi VLC berbasis Arduino untuk mendukung aplikasi IoT di SMK Unggulan PGII ini telah dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 3 Juni 2021. Pelatihan yang telah diberikan dalam bentuk pelatihan , perangkat lunak berupa software program Arduino IDE, metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan workshop.

Selain secara offline, pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini juga dilaksanakan melalui daring karena ada beberapa siswa dan guru yang mengikuti secara daring.

Berikut kami sampaikan juga dokumentasi dalam bentuk video untuk pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *