Monitoring Konsumsi Daya Listrik pada Sistem Penerangan Jalan Umum (PJU) di perumahan Kinagara Regency, Bandung

Monitoring Konsumsi Daya Listrik pada Sistem Penerangan Jalan Umum (PJU) di perumahan Kinagara Regency, Bandung

Penerangan jalan Umum atau lebih sering dikenal dengan PJU merupakan fasilitas yang biasanya disediakan di setiap perumahan, di desa-desa, atau bahkan diperkotaan. Keberadaan PJU sangat penting guna menunjang kelancaran aktivitas para warga disuatu daerah. Bahkan ketidaklayakan atau ketiadaan PJU justru sangat meresahkan bahkan bisa membahayakan masyarakat karena akan memicu kondisi tidak aman karena menjadi lokasi rawan tindak kejahatan.

Banyaknya titik-titik lampu PJU biasanya sebanding dengan luas area perumahan. Jika sistem PJU ini tidak dikelola dengan baik juga oleh pihak pengelola PJU maka bisa jadi masalah-masalah lain akan muncul seperti misalnya ketidak efisiensiennya penggunaan listrik. Banyak kita jumpai lampu-lampu PJU yang masih menyala padahal hari sudah terang. Terkadang juga warga mengeluhkan karena hari sudah gelap tetapi lampu PJU belum menyala.

Kondisi inilah yang masih kami temui di Kompleks Kinagara Regency, Desa lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Bandung. Ternyata, setelah kami telusuri, manajemen system PJU di Kompleks Kinagara ini masih mengandalkan petugas keamanan untuk secara rutin memonitor manual. Untuk itu, dalam program pengabdian masyarakat kali ini, kami telah mengusulkan dan merealisasikan program “Monitoring Konsumsi Daya Listrik pada Sistem Penerangan Jalan Umum (PJU) di perumahan Kinagara Regency, Bandung”. Tujuan dari program ini adalah untuk meningkatkan efisiensi penggunaan daya listrik dengan kata lain jika konsumsi daya listrik dapat dimonitor maka penggunaannya dapat dikendalikan. Akan ada banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan pengimplementasian program ini, diantaranya, penggunaan listrik PJU akan lebih hemat dan Satpam bisa lebih fokus dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya untuk menjaga keamanan sekitar kompleks.

Oleh:
Sugondo Hadiyoso, S.T., M.T.
Dadan Nur Ramadan, S.T., M.T.
Indrarini Dyah Irawati, Dr.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *