OTOMATISASI SISTEM PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) DI PERUMAHAN KINAGARA REGENCY, BANDUNG

OTOMATISASI SISTEM PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) DI PERUMAHAN KINAGARA REGENCY, BANDUNG

Penerangan Jalan Umum atau lebih sering dikenal dengan PJU merupakan fasilitas yang biasanya disediakan di setiap perumahan, di desa-desa, atau bahkan diperkotaan. Keberadaan PJU sangat penting guna menunjang kelancaran, kenyamanan, dan keamanan aktivitas para warga disuatu daerah. Ketidaklayakan atau ketiadaan PJU justru sangat meresahkan bahkan bisa membahayakan masyarakat karena akan memicu kondisi tidak aman karena menjadi lokasi rawan tindak kejahatan.

PJU Kinagara Regency, Ds. Lengkong, kec. Bojongsoang, Kab. Bandung

Banyaknya titik-titik lampu PJU, biasanya menimbulkan masalah dalam pengelolaannya. Jika system PJU tidak dikelola dengan baik maka bisa  jadi masalah-masalah lain akan muncul seperti misalnya ketidak efisiensiennya penggunaan listrik karena lampu menyala atau mati tidak pada waktu yang tepat. Banyak kita jumpai lampu-lampu PJU masih menyala padahal hari sudah terang dan terkadang juga warga mengeluhkan karena hari sudah gelap tetapi lampu PJU belum menyala. Kondisi inilah yang masih kami temui di Kompleks Kinagara Regency, Desa lengkong, Kecamatan Bojongsoang, Bandung. Dari hasil peninjauan lapangan, didapat fakta bahwa manajemen system PJU di Kompleks Kinagara ini masih mengandalkan para satpam yang bertugas untuk secara rutin menghidupkan dan mematikan lampu PJU secara manual.

Proses Instalasi Otomatisasi PJU
Penempatan Photocell pada Box panel Listrik PJU

Untuk itu, dalam program pengabdian masyarakat yang didukung oleh PPM Telkom University  kami melaksanakan suatu  program “ Otomatisasi Sistem Penerangan Jalan Umum (PJU) Di Perumahan Kinagara Regency, Bandung”. Dimana dalam program yang dilaksanakan pada 14 dan 15 April 2021 ini,  kami mengimplementasikan system Otomatisasi PJU dengan menggunakan Photocell, sehingga lampu PJU bisa hidup secara otomatis di malam hari dan bisa Mati secara otomatis disiang hari. Pelaksanaan kegiatan ini disaksikan langsung oleh ketua RW 17 Kinagara Regency. Adapun  Tujuan dari program ini adalah untuk memperbaiki system PJU agar tidak selalu mengandalkan para Satpam dalam menghidupkan atau mematikan lampu PJU. Dengan pelaksanaan program pengabdian masyarakat ini, kami berharap dapat membantu pihak pengelola PJU kompleks perumahan Kinagara sehingga  penggunaan listrik PJU akan menjadi lebih hemat dan Satpam bisa lebih fokus dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya untuk menjaga keamanan sekitar kompleks.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *