Sosialisasi Implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Binekas Playschool Dalam Menyikapi Kondisi Covid-19

Sosialisasi Implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Binekas Playschool Dalam Menyikapi Kondisi Covid-19

Sosialisasi Implementasi Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) di Binekas Playschool Dalam Menyikapi Kondisi Covid-19

Akhir-akhir ini berbagai negara di dunia, tengah dihadapkan dengan wabah suatu penyakit yang disebabkan oleh virus bernama corona atau lebih dikenal dengan istilah covid-19 (Corona Virus Diseases-19). Virus ini awalnya mulai berkembang di Wuhan, China. Wabah virus ini penularannya sangat cepat menyebar ke berbagai negara di dunia. Sehingga oleh World Health Organization (WHO), menyatakan wabah penyebaran virus covid-19 sebagai pandemi dunia saat ini. Wabah virus ini telah memakan banyak korban seperti tercatat di negara Tiongkok, Italia, Spanyol dan negara besar lain di dunia. Penyebaran virus ini pun sulit dikenali, karena virus ini baru dapat dikenali sekitar 14 hari. Namun, orang yang telah terpapar dengan virus ini memiliki gejala seperti demam,batuk, pilek, sakit tenggorokan sampai dengan sesak nafas.

Hal ini menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh dunia saat ini, untuk melakukan berbagai kebijakan termasuk di negara Indonesia sendiri. Indonesia pun juga merasakan akan dampak penyebaran virus ini. Semakin hari semakin cepat menyebar ke sejumlah wilayah di Indonesia.

Akibat dari pandemi covid-19 ini, berbagai kebijakan diterapkannya untuk memutus mata rantai penyebaran virus covid-19 di Indonesia. Upaya yang dilakukan oleh pemerintah di Indonesia salah satunya dengan menerapkan himbauan kepada masyarakat agar melakukan physical distancing yaitu himbauan untuk menjaga jarak diantara masyarakat, menjauhi aktivitas dalam segala bentuk kerumunan, perkumpulan, dan menghindari adanya pertemuan yang melibatkan banyak orang. Upaya tersebut ditujukan kepada masyarakat agar dapat dilakukan untuk memutus rantai penyebaran pandemi covid-19 .

Saat ini istilah new normal atau bahasa bakunya adalah Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) sudah mulai sering terdengar, hal ini merupakan Adaptasi kebiasaan baru adalah cara kita merubah perilaku, gaya hidup, dan kebiasan. Keadaan dimana ketika PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) mulai dilonggarkan, protokol kesehatan tetap dilakukan sehingga kita tetap bisa produktif dengan tetap mencegah terjangkit virus corona. Adaptasi kebiasaan baru ini dilakukan pada sektor atau bidang penting seperti tempat Ibadah, pasar atau pertokoan, perkantoran, transportasi umum, hotel, dan restoran, serta dilakukan saat wilayah sudah menjadi zona aman (zona hijau) yang dihitung berdasarkan data dan fakta di lapangan. Adaptasi kebiasaan baru, bisa berjalan secara efektif jika kita mau menaati dan konsisten dengan protokol kesehatan yang ada. Diharapkan, segala lapisan bisa memahami dan menjalankan tatanan hidup baru ini dengan sebaik-baiknya agar kita bisa tetap beraktivitas normal (dengan kebiasaan yang baru) dan terhindar dari penyebaran virus corona.

AKB dalam sektor pendidikan merupakan salah satu sektor yang harus dilakukan secara disiplin, walaupun saat ini pemerintah khususnya jawa barat belum ada keputusan kapan sekolah akan dibuka kembali. Untuk tahap preventif, lingkungan sekolah harus sudah mulai dipersiapkan dalam rangka AKB tersebut. Oleh karena itu, pada kegiatan pengabdian masyarakat ini akan dilakukan sosialisasi implemetasi adaptasi kebiasaan baru dan protokol kesehatan diri di lingkungan sekolah dalam menghadapi pandemi ini.

Dalam upaya untuk memutus rantai penyebaran covid-19 di sekyor Pendidikan, salah satunya di Sekolah Binekas ini, solusi yang ditawarkan kepada masyarakat sasar diantaranya adalah:

  • Sosialisasi warga sekolah melakukan cuci tangan menggunakan air dan sabun atau pencuci tangan berbasis alkohol, dan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) lainnya seperti: makan jajanan sehat, menggunakan jamban bersih dan sehat, olah raga teratur, tidak merokok, membuang sampah pada tempatnya.
  • Membersihkan ruangan dan lingkungan sekolah secara rutin (minimal 1 kali sehari) dengan desinfektan, khususnya handel pintu, saklar lampu, komputer, meja, keyboard dan fasilitas lain yang sering terpegang oleh tangan. Termasuk Memonitor absensi (ketidakhadiran) warga sekolah, Jika diketahui tidak hadir karena sakit dengan gejala demam/batuk/pilek/sakit tenggorokan/sesak napas disarankan untuk segera ke fasilitas kesehatan terdekat memeriksakan diri.
  • Memastikan makanan disediakan di sekolah merupakan makanan sehat dan sudah dimasak sampai matang.
  • Melakukan skrining awal berupa pengukuran suhu tubuh terhadap semua tamu yang datang ke institusi pendidikan.
  • Sosialisasi kepada warga sekolah untuk menghindari kontak fisik langsung (bersalaman, cium tangan, berpelukan, dan sebagainya).
  • Memberikan himbauan kepada warga sekolah yang sakit dengan gejala demam/batuk/ pilek/sakit tenggorokan/sesak napas untuk mengisolasi diri dirumah dengan tidak banyak kontak dengan orang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *